Pelatihan Kewirausahaan Bagi Pemuda Asli Papua Barat se-Jawa Bali

Hotel Fave – Bogor

 09 – 10 April 2016

 

Dalam rangka meningkatkan kualitas pemuda/pelajar asal Papua Barat, Kantor Perwakilan Daerah melakukan kegiatan pelatihan kewirausahaan yang diselenggarakan di Hotel Fave Bogor selama dua hari dari tanggal 09 – 10 April 2016. Kegiatan ini dibuka dengan materi dari Motivator terkenal Haryanto Kandani yang memberikan motivasi kepada Pemuda/i asal Papua Barat yang sementara melajutkan pendidikan di Bogor dan sekitarnya. Motivasi yang diberikan berupa perubahan pola pikir untuk lebih maju, menggali dan meningkatkan potensi diri dan kelompok, serta memberikan kesadaran kepada kelompok pemuda/i untuk menciptakan kewirausahaan yang tangguh dan kuat.

Kegiatan ini dikuti sangat antusias oleh mahasiswa/i dari berbagai kampus di Bogor, terbukti jumlah peserta yang hadir mencapai 104 orang. Menurut ketua panitia Ibu Santi Wamea, S.Sos mengharapkan melalui kegiatan ini ada ilmu tambahan yang diperoleh oleh mahasiswa/i selain yang telah mereka dapatkan dibangku kuliah. sehingga ketika mereka kembali ke daerah asal dapat menerapkannya guna pemberdayaan ekonomi daerah.

Setelah materi motivasi peserta melakukan kunjungan ke rumah talas di bogor yang langsung diterima oleh pemiliknya Bapak Edy Suprianto yang menjelaskan mulai dari proses persiapan sampai dengan hasil dari produk cake talas bogor yang sudah cukup terkenal. Para peserta sangat antusias bertanya kepada pemilik mengenai strategi yang dipakai dalam penjulan hasil usaha ditengah ketatnya persaingan produk serupa. Dalam penjelasannya Bapak Edy Suprianto menjelaskan strategi yang dipake salah satunya dengan menjaga cita rasa dari produk, selain itu juga dengan menambah varian lain dari produk, sehingga konsumen akan mempunyai banyak pilihan rasa yang disesuaikan dengan selera mereka.